Bangun Sinergitas dan Kesadaran Mutu Fakultas, LPM adakan pertemuan dengan KJM

D:\CAMPUS\IAIN KENDARI\LPM IAIN KENDARI\WEB LPM\RAPAT KJM 1.jpg

Kendari, LPM– Dalam membangun sinergitas dan kesadaran mutu pada tingkat fakultas, LPM IAIN Kendari menggelar pertemuan dengan seluruh Komite Jaminan Mutu (KJM) lingkup IAIN Kendari. Pertemuan tersebut digelar di ruang rapat LPM IAIN Kendari pada tanggal 05 Februari 2020.

Pertemuan dipimpin oleh ketua LPM IAIN Kendari, Dr. Asliah Zainal, M.A dan dihadiri oleh team kerja LPM yang terdiri dari Sekretaris LPM beserta Kepala Pusat Audit Mutu, Kepala Pusat pengembangan standar mutu, Sekretaris LPM, Kasubag LPM, serta anggota KJM fakultas dan pascasarjana lingkup IAIN Kendari.

Pada sambutannya, Dr Asliah Zainal M.A mengapresiasi kinerja yang telah dilakukan oleh KJM fakultas sekaligus mengingatkan kembali mengenai tugas dan fungsi KJM.

“KJM fakultas diharapkan bisa menjadi perpanjangan tangan dari LPM serta harus menjadi garda terdepan dalam peningkatan mutu di tingkat fakultas” paparnya.

Disebutkan pula tugas dan fungsi KJM fakultas diantaranya adalah : a) Merencanakan sistem jaminan mutu dengan berkoordinasi dengan LPM; b) Memastikan pelaksanaan penjaminan mutu di fakultas telah sesuai dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) IAIN Kendari ; c) Memonitor pelaksanaan penjaminan sistem jaminan mutu di tingkat fakultas; d) Melakukan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu di tingkat fakultas dan masih banyak tugas lainnya.

Pertemuan dilanjutkan dengan penyampaian agenda rutin LPM berupa monev yang disampaikan oleh Kepala Pusat audit dan pengembangan mutu LPM Dr. Ros Mayasari. Dalam menghadapi Monev KJM diharapkan berperan aktif dalam mempersiapkan data-data pendukung yang diperlukan serta dapat menindak lanjuti hasil temuan monev yang ada.

Tak lupa Kepala Pusat pengembangan standar mutu LPM Sri Hadijah Arnus, M.Si, juga ikut memaparkan tugasnya diantaranya pedoman-pedoman mutu yang telah disusun. Berkaitan hal ini KJM fakultas diharapkan dapat membantu LPM dalam hal sosialisasi pedoman mutu yang ada agar dapat digunakan secara maksimal oleh semua pihak.

Pada pertemuan ini, KJM fakultas juga menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi pada tingkat fakultas. Kendala-kendala yang ada dibicarakan bersama dan dicari solusi terbaik oleh semua pihak.

Pertemuan diakhiri dengan kesepakatan bahwa LPM akan terus bersinergi dengan KJM dalam mengawal mutu IAIN Kendari. Juga telah direncanakan untuk diadakan pertemuan kembali guna membedah pedoman akreditasi 9 kriteria dan Standar Nasional Dikti demi tercapainya tujuan bersama yaitu IAIN Kendari sebagai kampus berpredikat unggul.

(Dewi/Admin LPM)