Bentuk Tim Tracer Study dan Survey Kepuasan Pengguna, LPM IAIN Kendari Wadahi pemenuhan akreditasi 9 kriteria

D:\CAMPUS\IAIN KENDARI\LPM IAIN KENDARI\WEB LPM\20191212_103313.jpg

Kendari,LPM- Dalam rangka menghadapi borang akreditasi 9 kriteria yang membutuhkan data alumni dan berbasis pada hasil survey, LPM IAIN Kendari mengadakan rapat koordinasi untuk membentuk tim tracer study dan survey pengguna lulusan. Kegiatan ini dilakukan di aula pasca sarjana IAIN Kendari pada hari Kamis tanggal 12 Desember 2019. Pembentukan tim tracer study dan survey pengguna lulusan dimaksudkan untuk mempermudah institusi dalam melakukan pelacakan alumni dan mengukur sejauh mana kepuasan pengguna alumni IAIN Kendari. Rapat koordinasi dihadiri oleh Rektor, Wail Rektor I, para Dekan Fakultas dan para Ketua Prodi, KJM Fakultas serta TIPD IAIN Kendari.

Sambutan dari Ketua LPM Dr. Asliah Zainal M.Pd mengawali acara rapat koordinasi ini. Dalam sambutannya beliau mengharapkan rapat koordinasi ini akan melahirkan tim yang bersinergi antar seluruh unit yang ada di IAIN Kendari.

“Tracer study dan Survey kepuasan pengguna akan mengukur apakah keilmuan alumni sesuai dengan yang diperlukan pasar, mengukur masa tunggu alumni dalam mencari kerja serta mengetahui linearitas kompetensi keilmuan alumni dengan tempatnya bekerja”, paparnya.

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Kendari, Ibu Prof. Dr. Faizah Binti Awad M.Pd. Pada sambutannya beliau sangat mendukung terbentuknya tim tracer study dan survey kepuasan pengguna dan menghimbau agar tim ini dapat bekerja dengan baik dengan memperhatikan deadline waktu yang telah ditetapkan.

“Tracer study dan survey kepuasan ini dimaksudkan untuk melengkapi borang akreditasi 9 standar guna meningkatkan akreditasi intitusi dari B menjadi A yang dapat mendukung transformasi IAIN ke UIN nantinya”, kata Rektor.

Acara inti dimulai dari pemaparan dari LPM mengenai rancangan bagaimana tracer study dan survey kepuasan yang akan dilaksanakan nanti. Instrumen survey akan disesuaikan dengan keperluan pada borang akreditasi IAIN Kendari dan mempertimbangkan kebutuhan institusi sendiri. Rangkaian Survey harus memuat empat komponen yaitu tahap Evaluasi , tindak lanjut, perbaikan dan peningkatan kualitas institusi. Evaluasi dilakukan baik secara internal maupun eksternal, hasil evaluasi yang diperoleh harus memiliki tindak lanjut yang berupa perbaikan terhadap kekurangan yang ditemui pada saat survey sehingga ada peningkatan kualitas dari institusi.

Survey ini diwadahi oleh LPM dengan melibatkan masing-masing fakultas dan program studi serta pihak TIPD sebagai pembuat portal survey dan tracer study. Kepala TIPD IAIN Kendari, Bapak Tommy Irawan Putra S.Kom mengatakan bahwa portal pengisian tracer study dan survey kepuasan pengguna IAIN Kendari telah siap digunakan dan segera dilaunching.

Waktu pelaksanaan tracer study dan survey kepuasan pengguna direncanakan akan dilakukan pada minggu pertama bulan Januari tahun 2020 yang bertepatan dengan akhir perkuliahan semester ganjil 2019/2020.