Dukung Persiapan APT IAIN Kendari, LPM bersama Pimpinan IAIN Kendari bentuk Tim Task Force Penyusunan Borang APT

Kendari  –  Dalam rangka menghadapi Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) IAIN kendari yang akan berakhir pada Maret 2024 mendatang, LPM berkordinasi dengan unsur pimpinan IAIN Kendari membentuk tim task force penyusun borang APT yang terdiri dari unsur dosen dan tenaga pendidik IAIN Kendari.

Menindaklanjuti hal tersebut, pada tanggal 27 April 2022 dilaksanakan rapat perdana persiapan penyusunan dokumen borang APT yang bertempat di auditorium IAIN Kendari. Rapat dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Kendari Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. Beliau sangat  mendukung terselenggaranya rapat ini dengan harapan dapat memperoleh gambaran terkait pelaksanaan akreditasi institusi serta dapat menentukan strategi yang terbaik dalam pencapaian target yang diharapkan bersama.

Kerja Borang ini adalah kerja tim, tidak bisa dibebankan hanya pada pihak tertentu saja. Saya berharap tim yang telah terbentuk ini mampu memaksimalkan kinerjanya dalam menyusun borang institusi yang baik dan saling bekerja sama satu sama lain” tutur beliau.

Selaku ketua tim task force, Warek I IAIN Kendari Dr.Husain Insawan, M.Ag menambahkan bahwa dengan berakhirnya akreditasi instiutusi pada tahun 2024 mendatang maka penyusunan dan pengumpulan dokumen yang dibutuhkan dalam melengkapi borang akreditasi institusi sudah harus dilengkapi sedini mungkin.

Dokumen yang telah tersedia langsung harus dimasukkan dalam program dashboard  mutu yang telah disiapkan oleh LPM dan TIPD IAIN Kendari. Setiap kriteria telah disusun anggota pelaksananya dan diharapkan semuanya dapat berkerja sesuai dengan tanggung  jawab yang telah diberikan dalam SK penyusun akreditasi Perguruan Tinggi yang ada” paparnya.

LPM selaku punggawa mutu IAIN Kendari menyambut baik arahan dari unsur pimpinan terkait agenda besar akreditasi yang akan dihadapi. Diwakili oleh ketua LPM, Dr. Asliah Zainal, MA menyatakan komitmenya untuk terus mengawal dan mewujudkan kerja nyata dalam menyelesaikan tagihan borang APT.

LPM menargetkan pada akhir tahun 2022 tim task force sudah merampungkan 90% dokumen yang diperlukan. Tahapan pengumpulan dokumen ini akan menjadi acuan bagi IAIN Kendari untuk bisa memetakan status akreditasi yang kemungkinan akan diperoleh serta mampu menjadi dasar bagi IAIN Kendari dalam menetukan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk melengkapi kekurangan yang ada.

Diketahui pula bahwa sebelumnya LPM telah melakukan identifikasi kebutuhan dokumen APT yang merujuk pedoman penyusunan LKPT, LED PT, Pedoman penilaian dan matriks penilaian borang APT. Hal ini ditujukan untuk memudahkan kerja penyusunan borang oleh tim task force nantinya.

Agenda selanjutnya yang akan dilakukan adalah LPM berkoordinasi dengan pimpinan akan segera menyusun timeline pengerjaan borang APT agar progres kerja yang dilakukan dapat terukur dengan baik. Rapat tersebut ditutup dengan kesepakatan bersama antara unsur pimpinan dan tim task force untuk segera memulai pengerjaan pengumpulan dokumen pada bulan Mei 2022 mendatang (DS).