Evaluasi Hasil AMI dan ATL, LPM IAIN Kendari Laksanakan Rapat Tinjauan Manajemen Tahun 2021

Kendari – Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Kendari mengadakan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) pada tanggal 24-26 Februari. RTM tersebut dihadiri semua unsur pimpinan lingkup IAIN Kendari mulai dari Rektor, Para Wakil Rektor, Ketua Senat, KaBiro, Para Dekan dan Wakil Dekan Fakultas dan Pascasarjana serta Para Ketua Prodi lingkup IAIN Kendari. RTM dihelat oleh LPM sebagai bentuk ekspose hasil Audit Mutu Internal IAIN Kendari yang telah dilakukan oleh LPM pada bulan Oktober dan November tahun 2021 yang lalu.

RTM dibuka secara resmi oleh Rektor IAIN Kendari Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd. Dalam sambutanya Beliau menekankan bahwa RTM merupakan momen penting dalam mengevaluasi kembali kinerja yang telah dilakukan oleh lembaga. “Momen RTM ini akan kita jadikan momen bagi kita untuk bermuhasabah dan memperbaiki diri. Temuan AMI yang telah dilakukan sebelumya harus diperlihatkan kepada semua pihak terkait agar kita mampu meningkatkan kualitas lembaga kita” paparnya.

Diperkuat oleh sambutan Ketua LPM IAIN Kendari Dr. Asliah Zainal, M.Si yang menerangkan bahwa esensi RTM merupakan tahapan Pengendalian dalam siklus penjaminan mutu (PPEPP) dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Audit Mutu Internal (AMI dan Audit Tindak Lanjut (ATL). Audit Tindak Lanjut (ATL) dilakukan untuk memastikan apakah temuan AMI sebelumnya telah diperbaiki oleh pimpinan fakultas/prodi atau tidak sesuai komitmen mutu. AMI dan ATL menjadi bahan bagi pimpinan dalam mengetahui secara lebih objektif kondisi riil potret mutu di IAIN Kendari.

Salah satu rangkaian acara RTM 2021 adalah paparan terkait temuan hasil Audit Mutu Internal (AMI) untuk setiap Fakultas dan Pascasarjana IAIN Kendari yang dibawakan oleh Dr. Ros Mayasari, M.Si selaku Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM IAIN Kendari. Dalam sesi ini diperlihatkan best practice yang telah berjalan pada beberapa prodi di IAIN Kendari serta hal-hal yang masih dianggap memenuhi standar oleh prodi terkait standar penelitian, standar pengabdian kepada masyarakat serta standar luaran dan capaian pendidikan. Sesi ini dilanjutkan dengan tanggapan balik auditee dalam hal ini fakultas dan pascasarjana terkait temuan yang ada serta dimintai komitmen pimpinanya terkait tindakan perbaikan yang akan dilakukan kedepanya.

Mengakhiri kegiatan RTM ini dilakukan penandatanganan bersama umpan balik dari pihak auditee dan pimpinan IAIN Kendari, dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat auditor yang dilibatkan dalam kegiatan AMI 2021 serta penyerahan sertifikat kepada prodi terbaik dalam pemenuhan rekomendasi tindakan perbaikan terhadap hasil AMI 2020 yang diberikan kepada prodi Tadris Bahasa Inggris (DS/WA/TP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *