HARI KE-2 TRAINING, PESERTA LAKUKAN SIMULASI IMPLEMENTASI ISO 9001:2015

Kendari, LPM IAIN Kendari – Training awareness ISO 9001:2015 yang dilakukan oleh LPM IAIN Kendari bersama PT. Global Certification Indonesia menghadirkan peserta dari seluruh perwakilan pimpinan dan unit yang ada di IAIN Kendari. Hari pertama acara berlangsung, panitia menyiapkan materi terkait “Konsep Mutu, Sistem Manajemen Mutu dan Perbaikan berkelanjutan” yang dibawakan oleh Sutaji, trainer senior dari PT Global Certification Indonesia. Beliau kembali menguatkan bahwa mutu sebuah lembaga pendidikan IAIN Kendari dapat diukur dari kepuasan pelanggan/pengguna yang berasal dari internal dan eksternal IAIN Kendari. Melengkapi materi sesi tersebut dijelaskan pula terkait apa saja yang menjadi persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi ISO dan bagaimana memetakan dokumen mutu yang telah ada dan mengembangkannya sebagai dokumen pendukung untuk mendapatkan sertfikasi ISO sesuai dengan kinerja terbaik yang dimiliki IAIN Kendari.

Menjadi salah satu rangkaian training awareness ISO 9001:2015 hari pertama, trainer Sutaji memberikan materi “Bisnis Proses, analisis isu internal dan eksternal”. 

Model pembelajaran yang berbentuk diskusi kelompok yang terkait seluruh unit yang ada di IAIN Kendari menstimulus peserta training untuk aktif dalam mengidentifikasi dan menganalisis kondisi pada masing-masing program studi dan unit-unit yang ada di IAIN Kendari.

Setelah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan Ancaman terkait unit-unit yang ada di lingkup IAIN Kendari, peserta kemudian mempresentasikan hasil diskusinya.

Simulasi implementasi ISO ini diharapkan menjadi ajang pengenalan dan latihan bagi peserta training agar lebih mengenal dan mampu menyiapkan diri dalam mempersiapkan sertifikasi ISO yang akan dilakukan di masa mendatang (DS/TP).