LPM IAIN Kendari Wadahi Penyusunan Kurikulum Merdeka Belajar IAIN Kendari

Kendari, LPM

LPM IAIN Kendari mengadakan workshop pendampingan penyusunan kurikulum Era Kampus Merdeka IAIN Kendari tahun 2020. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 22 – 24 November 2020 yang bertempat di Ballroom Plaza Inn Kendari. Workshop kurikulum menghadirkan seluruh Wadek I, ketua program studi dan KJM lingkup IAIN Kendari.

Workshop pendampingan ini merupakan tindak lanjut dari rangkaian kegiatan terkait kurikulum yang telah dilakukan oleh LPM sebelumnya. Diawali dengan workshop integrasi pengabdian dan penelitian dalam pembelajaran, kemudian workshop paradigma transdisiplinar serta penyusunan PEDOMAN KURIKULUM MENGACU KKNI, SNPT, MERDEKA BELAJAR, PARADIGMA TRANSDISIPLINER IAIN Kendari. Pedoman ini telah disahkan oleh senat IAIN Kendari dan juga telah didesiminasikan didepan publik IAIN kendari. Pedoman ini juga turut dijadikan acuan dalam pendampingan penyusunan kurikulum merdeka belajar.

Ketua LPM IAIN Kendari Dr. Asliah Zainal, MA dalam sambutannya mengungkapkan bahwa LPM selalu berupaya mewadahi program studi dan fakultas dalam merevisi kurikulum  menyesuaikan dengan perkembangan masa saat ini. Kurikulum sendiri merupakan poin penting dalam penilaian akreditasi suatu perguruan tinggi, sehingga kegiatan pendampingan kurikulum didirasa sangat tepat untuk dilakukan saat ini mengingat tahun 2021 terdapat beberapa prodi di IAIN Kendari yang akan melakukan akreditasi.

Acara dibuka secara resmi oleh Warek I LPM IAIN Kendari Dr. Husain Insawan, M.Ag, pada kesempatan tersebut beliau mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya LPM dalam mengawal mutu kurikulum IAIN Kendari. Sudah saatnya IAIN Kendari menjewantahkan visi kampus sebagai pusat kajian transdisipliner ke dalam kurikulum, paparnya.

Beliau menambahkan bahwa  visi transdisipliner IAIN Kendari akan sejalan dengan peraturan mendikbud terkait merdeka belajar-kampus merdeka, dimana kampus akan mewadahi mahasiswa untuk belajar diluar program studinya. Hal ini harus tertuang secara nyata dalam revisi kurikulum IAIN Kendari.

Pada kesempatan ini beliau juga memaparkan teknis pelaksanaan dari hak belajar mahasiswa diluar program studi dengan menawarkan beberapa kemungkinan skenario teknis pelaksanaannya sesuai dengan Pedoman Akademik, Hak Mahasiswa Belajar di Luar Program Studi yang telah disusun oleh LPM IAIN Kendari.

https://lpm.iainkendari.ac.id/wp-content/uploads/2020/11/WhatsApp-Image-2020-11-23-at-12.03.24-1024x576.jpeg

Pendampingan peserta dalam penyusunan draft kurikulum oleh Tim LPM

Keluaran dari workshop ini adalah tersusunnya draft kurikulum untuk setiap program studi. Draft ini selanjutnya akan diserahkan kepada pihak fakultas untuk disempurnakan.

C:\Users\Dewi Santri\Downloads\3 b.jpeg

Pemaparan draft kurikulum yang telah disusun oleh program studi

Selain itu, setelah draft revisi kurikulum tersusun diharapkan  bagi pihak program studi agar melaksanakan konsorsium keilmuan guna membahas mata kuliah yang akan diselenggarakan oleh program studi.  Hal ini tidak lepas dari tujuan bersama civitas IAIN Kendari yaitu terlaksananya kegiatan akademik yang baik di lingkup IAIN Kendari.

https://lpm.iainkendari.ac.id/wp-content/uploads/2020/11/2.b-1024x685.jpeg

Penyerahan secara simbolis draft revisi kurikulum dari program studi kepada pihak fakultas

Workshop pendampingan penyusunan kurikulum era kampus merdeka IAIN Kendari tahun 2020 ditutup dengan penyerahan simbolis draft revisi kurikulum dari pihak program studi kepada fakultas. Pihak program studi mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka karena dapat menyusun draft revisi kurikulum program studi sesuai dengan aturan yang berlaku di IAIN Kendari. (DS)