PERKUAT SISTEM TATA KELOLA MUTU DIGITAL LPM IAIN KENDARI BERKOLABORASI DENGAN LPM UIN MALIK IBRAHIM MALANG

PERKUAT SISTEM TATA KELOLA MUTU DIGITAL LPM IAIN KENDARI BERKOLABORASI DENGAN LPM UIN MALIK IBRAHIM MALANG

Malang, LPM IAIN Kendari – Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kendari melakukan benchmarking ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang terkait Dasboard Mutu Institusi. Kunjungan ini dilaksanakan selama tiga hari (6  – 8) Desember 2021.

Ketua LPM IAIN Kendari Dr. Asliah Zainal, MA menjelaskan kunjungan LPM IAIN Kendari ke UIN Maulana Malik Ibrahim Malang didasari oleh gairah penguatan sistem tata kelola mutu bersinergi dan pengembangan dashboard mutu berbasis digital terintegrasi.

Kedatangan tim LPM IAIN Kendari disambut langsung oleh ketua LPM UIN Malang, Bapak Dr. H. Helmi Syaifuddin, M.Fil.I beserta jajarannya. “Kami siap menjadi guru bagi PTKIN-PTKIN yang lain dan tidak ada yang kami tutup-tutupi untuk memajuan bersama” Tuturnya.

Melalui kunjungan ini, LPM IAIN Kendari dapat melihat, membandingkan dan mengadopsi dashboard mutu berbasis digital UIN Malang yang mengintegrasikan dokumen akademik, dokumen mutu, dan dokumen tata kelola dalam satu dashboard mutu.

 

Selain itu, LPM IAIN Kendari juga berkesempatan untuk melihat demonstrasi beberapa aplikasi yang telah dikembangkan UIN Malang secara langsung, diantaranya: E-Smart, siperang, dan e-spmi UIN Malang.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini adalah komunikasi secara intens dengan pimpinan dalam meningkatkan tata kelola kelembagaan secara bersinergi dalam bentuk perwujudan sistem dashboard mutu terintegrasi. Dashboard mutu yang dimaksud sudah dirancang jauh-jauh hari oleh LPM dan sedang dikembangkan oleh Unit Teknologi Infomasi dan Pangkalan Data (TIPD) IAIN Kendari. Perwujudan dasboard mutu ini sangat penting sebagai penunjang penyusunan Instrumen Akreditasi Institusi  yang mulai dihimpun di tahun 2022.

Kedepannya LPM IAIN Kendari akan terus melakukan komunikasi intensif dengan LPM UIN Malang dalam mengawal mutu perguruan tinggi. (TP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *