Permantap Pelaksanaan Tracer Study, LPM IAIN Kendari Ikuti Workshop Nasional Tracer Study UIN Sunan Kalijaga

Yogyakarta – LPM IAIN Kendari kirimkan perwakilannya dalam gelaran workshop nasional tracer study yang diadakan oleh UIN Sunan Kalijaga di Yogyakarta. Workshop yang mengusung tema “Tracer study Menuju Akreditasi Unggul” tersebut dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 11 Juni 2022 yang bertempat di Hotel Jambuluwuk Yogyakarta. Keikutsertaan IAIN Kendari dalam workshop ini berkaitan dengan agenda tracer study yang akan segera dilaksanakan oleh IAIN Kendari pada bulan Juli tahun 2022. Seperti yang diketahui bahwa pelacakan lulusan atau tracer study merupakan hal wajib untuk dilaksanakan sebagai alat ukur keberhasilan program pendidikan yang dilaksanakan sebuah perguruan tinggi dan sebagai salah satu tuntutan pada pencapaian akreditasi unggul.

Perserta workshop dari IAIN Kendari berjumlah tiga orang yang terdiri dari Dr. Asliah Zainal, MA selaku ketua LPM IAIN Kendari, Dr. Ros Mayasari, M.Si selaku Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu serta Tandri Patih, M.Si sebagai pengelola tracer study IAIN Kendari. Workshop selama 3 hari ini, diisi dengan beberapa presentasi narasumber, pengenalan aplikasi Sistem Informasi Alumni, serta diskusi terkait pelaksanaan tracer study yang baik dan benar sesuai tuntutan akreditasi. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si. sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa “Proses Tracer Study bukan hal yang mudah untuk dilaksanakan. Semoga Seluruh proses kegiatan workshop Tracer Study ini Dapat dijadikan kekuatan untuk kemajuan PTKIN di Indonesia.”

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari berbagai narasumber kegiatan diantaranya 1) Amirudin Kuba, M.A., (Kepala Seksi Kemahasiswaan Direktorat PTKI Kemenag: “Pengembangan Tracer Study di PTKIN”,  2) Dr. Abdur Rozaki, S.Ag., M.Si., (Wakil Rektor Kemahasiswaan UIN Sunan Kalijaga): “Alumni dan Tanggung Jawab Etis Perguruan Tinggi, Urgensi Pusat Karir dan Jaringan Alumni”, 3) Dr. Ahmad Salehudin, S.Th.I., M.A., : “Tracer Studi untuk ISK, Akreditasi, IKU (Indeks Kinerja Utama) dan Infrastruktur Pelaksanaan, 4) Ir. Muhammad Taufiq Nuruzzaman, S.T., M.Eng., Ph.D. : “Sistem Tracer Alumi UIN Sunan Kalijaga”, 5) Siti Rohaya, S.Ag., M.T., : Rekan Jejak Urgensi Tracer Study UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”, dan 6) Dr. Linda Darmela, S.Ag.,M.Hum., : Best Practice –Meningkatkan Respon Rate, Memaksimalkan Surveyor, Pendekatan Yang Harus Dilakukan, Meyakinkan Alumni dll”.

Perwakilan IAIN kendari sebagai salah satu peserta dalam workshop ini mengatakan bahwa banyak pelajaran dan insight baru terkait bagaimana pelaksanaan tracer study yang baik dan benar.

Pengelola tracer study IAIN Kendari Tandri Patih mengatakan bahwa: “Tracer study bukan hal mudah untuk dilaksanakan dan tentunya memerlukan komitmen serius dari berbagai pihak. Banyak ilmu baru yang kami dapatkan dari kegiatan ini, semoga IAIN Kendari mampu menerapkan best practise Tracer Study dari kampus lain demi menyukseskan agenda tracer study di kampus kita nantinya”

Seperti diketahui bahwa Di UIN Sunan Kalijaga kegiatan pelacakan lulusan dilaksanakan oleh Pusat Karir dengan nama Center For Enterpreunership And Career Development (CENDI) dengan menggerakkan program studi agar melibatkan alumni nya untuk fast respon dalam mengisi data dan beberapa item kuesioner yang ada dalam aplikasi Sistem Informasi Alumni (SIA). Pengisian data alumni sekaligus mengisi kuesioner Tracer Study untuk tahun lulusan tertentu. Hasil dari tracer study dapat menggambarkan kondisi lulusan juga memotret umpan balik dari pengguna lulusan. Dua data hasil survey pelacakan lulusan ini sangat signifikan perannya dalam pengisian data reakreditasi, ISK, juga IKU di UIN Sunan Kalijaga. Dr. Asliah Zainal, MA selaku ketua LPM IAIN kendari mengatakan bahwa pelaksanaan tracer study di IAIN Kendari harus mampu mendukung data isian akreditasi Perguruan Tinggi yang akan dilaksanakan tahun 2023 nantinya. Ketersediaan aplikasi Si-Lanny dan beberapa perngakat pelaksana tracer study merupakan salah satu progres yang baik bagi IAIN Kendari. Oleh karena itu diharapkan dari kegiatan ini pengelola tracer study mampu mengambil ilmu dan pelajaran baik dari UIN Sunan Kalijaga dan PTKIN lainnya dan mempermantap kembali persiapan dan pelaksanaan tracer study yang akan dilaksanakan nanti. (DS)