TINGKATKAN TATA KELOLA MUTU, LPM IAIN KENDARI JALIN KERJASAMA DENGAN LPM IAIN AMBON

Ambon, LPM IAIN Kendari – Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Kendari lakukan kunjungan ke IAIN Ambon dalam rangka benchmarking terkait pengelolaan mutu isntitusi. Kunjungan ini dilakukan pada tanggal 25 – 27 Oktober 2021. Kedatangan LPM IAIN Kendari adalah dalam rangka penanda tanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait Peningkatan Mutu Tata Kelola Kelembagaan untuk kedua lembaga terkait.

Pada kegiatan ini ketua LPM IAIN Ambon, Dr. Abidin Wakano, M.Ag. menuturkan rasa terima kasihnya atas kunjungan LPM IAIN dan kepercayaan yang diberikan kepada IAIN Ambon sehingga IAIN Ambon diajak untuk menjadi mitra dalam melakukan kerja sama tata kelola mutu.

Mengawali kegiatan ini LPM IAIN kendari yang diwakili oleh Dr. Asliah Zainal, MA memberikan sabutannya. Beliau menuturkan bahwa terplihnya IAIN Ambon sebagai rekan kerja sama oleh LPM IAIN Kendari karena didasari oleh keyakinan bahwa perlu adanya sinergitas antara PTKIN wilayah Indonesia Timur dalam membangun mutu institusi.

“Jika selama ini PTKIN daerah Jawa dan Sumatra selalu dijadikan bahan rujukan pembelajaran maka sekarang sudah saatnya kita mulai melirik PTKIN dari wilayah timur untuk sama-sama membangun sinergitas dalam mengelola mutu demi mencapai predikat unggul yang menjadi tujuan bersama” tutur beliau.

LPM IAIN Kendari sebagai koordinator wilayah timur dalam forum penjaminan mutu PTKIN memiliki mimpi besar untuk meningkatkan mutu PTKIN di wilayah regional Timur Indonesia. Sebagai langkah awal maka LPM IAIN Kendari memulainya dengan menjalin kerja sama dengan IAIN Ambon. Kedepannya akan ada lembaga jaminan mutu yang berasal dari PTKIN lain di regional Indonesia Timur yang akan turut diajak dalam kolaborasi mutu ini.

Kerjasama dari kedua lembaga ini diantaranya akan melakukan kegiatan-kegiatan bersama terkait tata kelola mutu, pendidikan dan pelatihan yang akan menunjang kualitas institusi, penyusunan bersama dokumen mutu, pelaksanaan sharing auditor untuk peningkatan mutu Audit Mutu Internal, kerja sama dalam sertifikasi ISO serta kegiatan lain yang ada hubungannya dengan peningkatan penjaminan mutu institusi.

“Kepala Biro AUAK IAIN Kendari Dr. Basman, M.Ag dan Wakil Rektor II IAIN Ambon Dr. Husin Wattimena, M.Si dalam serah terima cendera mata sebagai simbol pelaksanaan kerja sama IAIN Kendari dan IAIN Ambon”

Kepala Biro IAIN Kendari, Dr. Basman, M.Ag yang turut serta dalam penandatanganan perjanjian kerjasama ini memberikan dukungan penuh atas kesepakatan kegiatan yang akan dilaksanakan. Beliau menambahkan bahwa kerja sama sesama PTKIN wilayah timur sudah harus dimulai utamanya dalam tata kelola mutu.

“PTKIN wilayah Indonesi Timur harus saling menguatkan antara satu sama lain, saling mempelajari kekurangan dan kelebihan antara kedua lembaga dalam hal ini Iain Kendari dan Iain Ambon.  Sinergitas potensi dari masing-masing lembaga sangat diperlukan guna memperoleh pengalaman bersama dalam kegiatan penjaminan mutu dan peningkatan mutu lembaga” paparnya

Bersamaan dengan kunjungan ini LPM IAIN Kendari melakukan sharing auditor dimana pelibatan auditor IAIN Kendari dalam kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) yang sementara dilaksanakan oleh IAIN Ambon. Hal ini juga merupakan salah satu tindak lanjut dari Kerjasama yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Selain itu terdapat beberapa agenda terkait pengelolaan mutu yang masih akan dilakukan oleh kedua lembaga kedepannya (DS).

Ketua LPM IAIN Kendari, Dr. Asliah Zainal, MA menandatangani PKS IAIN AMBON dan IAIN Kendari dalam rangka peningkatan Mutu Tata Kelola Kelembagaan

“Ketua LPM IAIN Ambon, DR. Abidin Wakano, M.Ag pada saat menandatangani PKS IAIN Ambon dan IAIN Kendari”