UPAYAKAN KOLABORASI DAN SINERGI DALAM PENJAMINAN MUTU LPM IAIN KENDARI ADAKAN FGD BERSAMA ENAM PT DI SULAWESI TENGGARA

Kendari, LPM –  Kegiatan mainstremaing dan sosialisasi pedoman Mutu IAIN Kendari yang berlangsung selama 3 hari tanggal 4 – 6 Juli 2021 menjadi ajang penyatuan sinergi dari unsur LPM universitas se-Sulawesi Tenggara. Peserta kegiatan yang berasal dari LPM Universitas Mandala Waluya, LPM Universitas Sulawesi Tenggara, LPM Universitas Halu Oleo, LPM Universitas Muhammadiyah Buton, LPM Sekolah Tinggi Hindu (STH) Bhatara Guru dan LPM Universitas Nahdatul Ulama Sulawesi Tenggara turut mengambil peran dalam Forum Group Discussion  (FGD) dalam rangka penyatuan kesepahaman terkait upaya kolaborasi dan sinergi dalam penjaminan mutu pendidikan tinggi di wilayah Sulawesi Tenggara.

Ketua LPM IAIN Kendari selaku tuan rumah, Dr. Asliah Zainal, MA menyampaikan bahwa, LPM IAIN Kendari selain menguatkan kinerja dan kerja sama sesama tim internal LPM, juga akan selalu membuka ruang untuk berkolaborasi dan bersinergi dengan LPM dari luar baik kampus PTKI maupun luar PTKI. Menurut beliau, proses penjaminan mutu tidak boleh hanya dilakukan sendiri-sendiri, keterlibatan LPM external akan mengakselerasi upaya perbaikan mutu dan akreditasi kampus.

Di kesempatan FGD ini dipaparkan pula best practise dan pengalaman penjaminan mutu dari kampus-kampus lain. Ketua LPM Universitas Haluoleo, Dr. La Ode Santiaji Bande, SP., MP menyampaikan apresiasinya terhadap upaya IAIN Kendari dalam memantik semangat tim penjaminan mutu, baik di IAIN Kendari maupun diluar IAIN Kendari. UHO sebagai kampus terbesar di Sulawesi Tenggara memiliki tanggung jawab mengurus lebih dari 100 program studi tentunya membutuhkan usaha yang extra agar terwujudnya siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang baik yang dikenal dengan siklus PPEPP. Terwujudnya siklus PPEPP secara komperhensif disemua lapisan unsur kampus akan mempermudah kinerja LPM sekaligus dapat meningkatkan status akreditasi kampus.

LPM Universitas Mandala Waluya yang diwakili oleh Azlimin, M.Kes turut menyampaikan best practise-nya dalam kegiatan Audit Mutu Internal (AMI) yang sudah berbasis E-audit sehingga sangat mempermudah pelaksanaan salah satu tusi tahunan LPM yaitu audit internal.

Perwakilan LPM dari kampus UNUSRA, Ika Sartika, M.Kes dan STH Bhatara Guru, Dr. Eng. I Nyoman Sudiana, M.Si juga turut menyampaikan antusiasnya terhadap kegiatan ini. Forum ini membuka komunikasi dan kerja sama dengan LPM dari luar sehingga dapat membantu kampusnya dalam peningkatan mutu baik dari penyusunan dokumen mutu maupun upaya benchmarking.

Hasil dari FGD yang dilakukan adalah adanya kesepakatan antar LPM se-Sulawesi Tenggara untuk saling membantu dan menopang upaya penjaminan mutu kampus. Kedepanya akan sering dilakukan diskusi-diskusi terkait penjaminan mutu baik dalam forum offline maupun online.

Kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah kolaborasi penyusunan dokumen mutu bersama antar LPM se-Sultra. Serta kegiatan refreshment auditor yang akan dilakukan oleh LPM IAIN Kendari dan akan kembali mengundang perwakilan auditor dari kampus lain yang terlibat dalam FGD (DS/TP).