Upayakan Sertifikasi Internasional, LPM IAIN Kendari bersama PT. Global Sertfication Indonesia Adakan Training Awareness ISO 9001:2015

Kendari, LPM – IAIN Kendari menyelenggarakan kegiatan Training Awareness ISO 9001:2015 & Internal Auditor ISO 19011:2018 sebagai kerja sama IAIN Kendari dengan PT Global Certification Indonesia yang akan diselenggarakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 8 Oktober sampai pada tanggal 10 Oktober 2021. Kegiatan dilangsukan di Ballroom SAME Hotel Kendari yang menghadirkan 70 peserta yang berasal dari internal dan eksternal IAIN Kendari.

LPM IAIN Kendari menggandeng PT Global Certification Indonesia selaku lembaga penyedia pelatihan dan kursus dalam bidang sistem manajemen yang terkemuka di dunia untuk memberikan training kepada unsur pimpinan dan dosen di IAIN Kendari terkait setifikasi internasional yang menjadi salah satu visi yang dicanangkan oleh IAIN Kendari.

Mengawali kegiatan ini, ketua LPM IAIN Kendari, Dr. Asliah Zainal, MA memberikan sambutanya. LPM IAIN Kendari yang bertugas sebagai penjaga mutu di IAIN Kendari tentunya senantiasa mengoptimalkan usahanya dalam mewujudkan visi IAIN Kendari. Sebagaimana yang telah digaungkan sebagai tagline IAIN Kendari yaitu mewujudkan world class university maka tentunya diperlukan sebuah langkah kongkrit untuk mewujudkanya, dan kegiatan training awareness terkait ISO 9001:2015 adalah sebuah langkah nyata yang mesti dilakukan. Beliau menambahkan bahwa ISO ini adalah sebagai tools atau alat agar mutu di IAIN Kendari dapat berjalan secara berkesinambungan diseruluh unit yang ada di IAIN Kendari. LPM sendiri telah melakukan pemetaan taget sertfikasi internasional untuk IAIN Kendari dan tahun 2021 ini LPM menargetkan adanya awareness atau kesadaran pimpinan dan seluruh unit yang ada di IAIN Kendari terkait sertifikasi ISO yang akan dilakukan di masa yang akan datang.

Kegiatan training dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I IAIN Kendari, Dr. Husain Insawan, M.Ag menyatakan bahwa IAIN Kendari sebagai lembaga pendidikan yang besar harus bersiap diri dalam mewujudkan IAIN Kendari yang tersertifikasi secara internasional. Untuk mendapatkan pengakuan internasional maka IAIN Kendari perlu mengetahui apa saja gambaran umum yang menjadi syarat dan ketentuan yang ada.

Beliau memberikan apresiasinya kepada LPM karena telah menginisiasi kegiatan ini. Kegiatan ini akan mendukung dokumen borang 9 kriteria utamanya pada persyaratan rekognisi internasional pada kriteria unggul yang menjadi mimpi bersama di IAIN Kendari.

Kegiatan ini juga menjadi langkah strategi dalam membangun komitmen mutu bersama baik dari unsur pimpinan, dosen, tendik dan mahasiswa. Dari unsur pimpinan tentunya diperlukan kebijakan pimpinan yang mendukung berjalanya kegiatan-kegiatan yang mengarahkan kita pada terselenggaranya sertifikasi ISO.

Mengakhiri kegiatan pembukaan, LPM IAIN Kendari memfasilitasi penandatanganan komitmen bersama terkait kesadaran mutu bersama yang meibatkan seluruh peserta training yaitu dari unsur pimpinan IAIN Kendari, pimpinan seluruh fakultas dan pascasarjana IAIN Kendari, seluruh pimpinan program studi dan KJM.

Penandatanganan komitmen mutu ini akan menjadi dasar dalam membangun kesadaran mutu yang terlaksana secara berkesinambungan serta langkah awal sebagai upaya IAIN Kendari untuk mengupayakan perolehan sertifikasi atau pengakuan internasional demi terwujudnya IAIN Kendari yang Unggul (DS/TP).